EFEKTIVITAS PELAYANAN PRIMA PADA LANSIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN
Abstract
Latar belakang dalam perkembangannya negara Republik Indonesia dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi, dengan tingkat penduduk usia lanjutnya yang tiap tahun terus berkembang, maka dengan demikian secara tidak langsung makin tinggi pula harapan hidup penduduknya. Salah satu sasaran pelayanan kesehatan adalah lanjut usia yang merupakan istilah tahap akhir proses penuaan. Tujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan prima pada lansia sebagai upaya meningkatkan pelayanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua petugas yang ada di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 14 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil sebelum diberikan materi pelayanan prima dari 14 responden didapatkan yang memberikan pelayanan prima dengan kategori baik sebanyak 7 responden (50%), sesudah diberikan materi didapatkan yang memberikan pelayanan prima dengan kategori baik sebanyak 9 responden (64,3%). Hasil uji statistik paired sample t test diperoleh p value = 0,000 < α 0,05 yang berarti ada pengaruh pelayanan prima pada lansia sebagai upaya meningkatkan pelayanan di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang. Saran diharapkan pihak panti dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang prima sehingga memperpanjang usia kehidupan dan tercapainya kualitas hidup dan kesejahteraan pada lansia, sehingga mereka dapat menikmati hari tuanya dengan tenteram lahir dan batin.
References
Barata, A. (2014). Dasar-dasar pelayanan prima. In Jakarta : PT. Elex Media Komputindo. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Jannah, M., & Meirinawati. (2016). Pelayanan prima pada posyandu lansia di Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes), Desa Karangdinoyo Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Ejournal Unesa, 1–14. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/14979/0
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). PTM pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular di Indonesia. http://p2ptm.kemkes.go.id
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Pemerintah daerah didorong lebih perhatikan lansia. Kemenko PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-daerah-didorong-lebih-perhatikan-lansia
Kholifah, S. N. (2016). Modul bahan ajar cetak keperawatan : Keperawatan gerontik. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Kumajas, F. W., Warouw, H., & Bawotong, J. (2014). Hubungan karakteristik individu dengan kinerja perawat di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Datoe Binangkang Kabupaten Bolaang Mongondow. Ejournal Unsrat, 1–8.
Laelly, N. F., & Fanida, E. H. (2014). Pelayanan prima posyandu lansia di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Jurnal Universitas Surabaya, 2(2), 1–10. https://adoc.pub/pelayanan-prima-posyandu-lansia-di-puskesmas-jagir-kota-sura.html
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi penelitian kesehatan : Cetakan ketiga. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nurlia. (2018). Strategi pelayanan dengan konsep service excellent. Meraja Journal, 1(2), 17–30. https://media.neliti.com/media/publications/284682-strategi-pelayanan-dengan-konsep-service-09679416.pdf
Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang. (2021). Dokumen registrasi Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2009). Organizatinal behavior : 13th edition (Issue April). USA : Pearson Internatinal Edition, Pretice -Hall.
Silvia, F. (2018). Pelayanan prima dan kepuasan pelanggan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negata (KPPN) Makassar II. Core, 1–12. https://core.ac.uk/display/160497369
Syahid, A. (2015). Kualitas pelayanan kesehatan (Studi deskriptif tentang kualitas pelayanan kesehatan pada pasien usia lanjut di Poli Lansia Puskesmas Gurah, Kabupaten Kediri). Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(3), 131–137. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp85576eaf4cfull.pdf
Wijaya, L., & Dewi, B. P. (2019). The effectiveness of excellent service in the elderly as an effort to improve service. 1st International Conference of Nursing and Public Health Science (ICoNPHS), 57–62