KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANC PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Rohani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna
  • Indri Kusyani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna
Keywords: Kepuasan, Ibu Hamil, Antenatal care, Covid

Abstract

Merebaknya pandemi COVID-19 di Indonesia, berdampak secara luas pada sektor ekonomi, sosial serta kesehatan. dalam situasi normal. Kesehatan ibu Anak (KIA) di berbagai negara masih menjadi tantangan besar  serta diperberat dengan adanya COVID-19 mengingat adanya batasan pada hal akses serta kualitas layanan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui gambaran kepuasan  ibu hamil  terhadap  pelayanan  ANC  dimasa pandemi covid-19 di Klinik Citra. Metode Penelitian ini  bersifat  analitik  dengan  pendekatan  secara  kuantitatif. Penelitian   ini   menggunakan   metode  deskriptif. .Hasil Penelitian ini di dapatkan Distribusi frekuensi pelayanan pendaftaran 8 responden (26,7%) yang puas atas pelayanan pendaftaran. Distribusi frekuensi pelayanan bidan 8 responden (26,7%) yang puas atas pelayanan bidan. Distribusi frekuensi sikap 29 responden (96,7%) yang puas atas sikap bidan. Distribusi frekuensi kelengkapan sarana dan prasarana 26 responden (86,7%) yang puas atas kelengkapan sarana dan prasarana. Saran ini dapat dijadikan masukan bagi petugas kesehatan terutama yang berada di Klinik Citra untuk mengetahui gambaran kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan ANC.

References

Amalia, M., & Nurhayati, M. (2019). Pengaruh Konseling Terhadap Pengetahuan Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K) Pada Ibu Hamil Yang Berisiko Di Uptd Puskesmas Cikijing Kabupaten Majalengka Tahun 2019. Jurnal Kampus STIKES YPIB Majalengka, 7(15), 104–115.
Annisa Rifani,Warliana,Achmad Fatiji, L. K. (2021). Sripsi Asuhan kebidanan komprehensif pada ibu hamil di pmb wilayah karawang timur kabuten tahun 2021 (Issue 2006, pp. 17–18). http://e-journal.uajy.ac.id/10432/3/2MTA02034.pdf
Dinkes Prov Sumsel. (2018). Profil Kesehatan Tahun 2018. Dinas Kesehatan Palembang, 72, 10–13.
Herawati, N., Tobari, & Missriani. (2020). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 20 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 1684–16890.
Kamtini Desi Iin. (2020). Skripsi Analisis kepuasan pelayanan anc pada ibu hamil di puskesmas prabumulih timur tahun 2020.
Khairoh Miftahul, Rosyariah Arkha, U. K. (2019). Asuhan Kebidanan Kehamilan (W. D. Rahmayani Ana Fitri (ed.)). CV.Jakad Publishing Surabaya.
Manurung priska. (2017). Skripsi Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Bidan Terhadap Pencegahan Infeksi Pada Alat Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Deli Tua Tahun 2017. 8.5.2017.
Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Skripsi Gambaran tingkat kepuasan ibu hamil menhadapi persalinan di masa pandemi covid-19 di wilayah puskesmas tampaksiring 1 tahun 2021. 2019(Cdc), 7–28.
Putri, Safitri WPutri, S. W., & Martya, R. (2021). (2021). Pelayanan Antenatal Care ( ANC ) Pada Ibu Hamil Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19. NERSMID : Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 4(1), 1–11.
Rahayu, S. (2019). Faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil pada pelayanan antenatal care di Puskesmas Teupah Tengah Kabupaten Simeulue tahun 2019.
Rohani,Nurbaity,Emilda Sri, Y. V. (2021). Buku Ajar ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN (Rahman Abdulah (ed.)). Yayasan Pendidikan dan sosial indonesia maju (YPSIM)Banten BCP 2 Blok E. 18 No.14 Desa Ranjeng Kec. Ciruas Kab. Serang Banten 42182.
Rukiyah Ai Yeyeh, Y. L. (2014). Asuhan Kebidanan Kehamilan (M@ftuhin Ari (ed.)). Trans Info Media, Jakarta.
Sagita, Y. D., & Lusi, S. (2019). Kualitas pelayanan antenatal care (ANC) dan tingkat kepuasan ibu hamil. Journal Wellness and Healthy Magazine, 1(1), 23–28.
Sari, R. S. (2019). Pengembangan Media Informasi Untuk Pelayanan Pendaftaran Pasien Di Bpm Rika Hardi, S.St Media Information Development for Patient Registration Service in Bpm Rika Hardi, S.St. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sibagariang Ellya. (2016). Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi Revisi (Maftuhin Ari (ed.)).
Syarkawi, dan A. (2017). Gambaran Pengetahuan sikap dan Dukungan Keluarga oleh Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Kebidanan di Wilayah Kerja Puskesmas. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(2), 1–11.
Walyani siwi Elisabeth, A. K. (2020). Asuhan Kebidanan pada Kehamilan. Pustakabarupress.
Wulandari, A. (2018). Skripsi Analisis kepuasan pasien terhadap pengendalian mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit haji makassar. Skripsi, 20–22. http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/MjI2YTdhYmUzNzAzNTlmZTk1M2VjOTg3YzU1NWQ2ZTQ1OTQzZTRkOQ==.pdf
Published
2022-10-21