UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP LANSIA MELALUI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI KELURAHAN TALANG JAMBE PALEMBANG

  • Leni Wijaya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna
  • Andi Gunawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna
  • Devi Erianti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna
Keywords: Lansia, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Abstract

Lansia adalah tahap akhir siklus hidup manusia, merupakan bagian dari proses kehidupan yang tak dapat dihindarkan dan akan dialami oleh setiap individu. Pada tahap ini individu mengalami banyak perubahan baik secara fisik maupun mental, khususnya kemunduran dalam berbagai fungsi dan kemampuan yang pernah dimilikinya. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan dapat berperan aktif dalam kegiatan–kegiatan kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan–kegiatan kesehatan di masyarakat. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya untuk perilaku hidup bersih dan sehat di tatanan keluarga yang memiliki lansia. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kelurahan Talang Jambe Palembang  yaitu penyuluhan kesehatan kepada masyarakat tentang Perilaku Kesehatan Bersih dan Sehat (PHBS) pada  tatanan keluarga yang memiliki lansia. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya wawasan masyarakat terutama keluarga yang memiliki lansia yang berada di Kelurahan Talang Jambe Palembang tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat di keluarga.

References

Kurniawan, A., Putri, R. M., & Widiani, E. 2019. Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kelas IV dan V Sekolah Dasar. Journal Nursing News, 4(1), 100-111.
Kuspini, Ani & Yayah, Ade. 2021. Penyuluhan PHBS, Pemeriksaan Kesehatan dan Bhakti Sosial Dalam Rangka Peduli COVID-19 Pada Lansia Di Panti Tresna Werda Kasih Ibu Desa Balongan Kabupaten Indramayu. Jurnal Inovasi Masyarakat, Volume 01, No.02, Hal 125-131.
Kustantya, Nungky & Anwar, Mochamad Saiful Anwar. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Lansia. Jurnal Keperawatan, Volume 4 (1), Hal. 29-35.
Wahyuningsih, Iis et al. 2019. Pendampingan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Di Padukuhan Kauman, Bajang, Ngeblak, Desa Wijirejo, Pandak, Bantul. 3(1), 61–72.
Published
2022-10-23